JellyPages.com

Jumat, 11 November 2011

Bahaya merokok bagi kesehatan


 A .BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN
Mungkin kalian pernah berada di kendaraan umum seperti Bus kota atau kereta api yang penuh dengan asap rokok. Apa kalian tau arti dari merokok itu? Merokok adalah perbuatan tidak baik dan sangat merugikan. Definisi rokok menurut Wikipedia adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung Negara) dengan dimeter sekitar 10mm. manusia di dunia yang merokok  pertama kalinya adalah suku Indian di Amerika.  Apa yang kalian rasakan saat di dalam bus? Meskipun kalian tidak merokok, tetapi ternyata kalian juga ikut menghirup asap rokok yang di hembuskan oleh orang-orang yang merokok disekeliling kalian.
      Sebelum kalian terlanjur merokok, janganlan kalian mencoba untuk merokok. Rokok atau tembakau mengandung zat yang dapat menyebabkan seseorang ketagihan. Bila hal tersebut terjadi pada kalian, maka sulit untuk menghentikan kebiasan merokok. Padahal, kebiasaan merokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita, dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Asap rokok mengandung bahan-bahan beracun yang dapat meracuni pengisapnya (perokok) maupun orang-orang disekitarnya. Asap  Orang-orang yang tidak merokok tetapi ikut menghisap asap rokok  disebut perokok pasif. kebiasaan merokok telah menjadi budaya dibelahan dunia. Mayoritas perokok diseluruh dunia 47%  adalah populasi pria dan 12%persen adalah populasi wanita dengan berbagai umur.



B. LATAR BELAKANG MEROKOK
      Latar belakang merokok beraneka ragam, di kalangan remaja dan dewasa pria adalah factor gengsi dan agar disebut jagoan malahan ada satu pepatah menarik yang digunakan sebagai pembenar atas kebiasaan merokok yaitu”ada ayam jago di atas genteng. ngga merokok ngga ganteng”. Sedangkan kalangan orang tua, stress dan kerena ketagihan.
      Tulisan ini mungkin sama nasibnya dengan kumpulan aksi anti rokok yang di dengungkan seperti diatas tetapi saya mencoba  membahasnya dari sudut kimia sesuai dengan literature yang di punyai, dengan harapan pembaca artikel ini yang mayoritas dari jurusan kimia akan lebih mudaH memahami ketimbang saya membahas dari sudut kesehatan, lingkungan atau industri. Sehingga mudah-mudahan setelah membaca artikel ini. Setidaknya ada beberapa orang dapat berhenti merokok
C. FAKTA FAKTA MEROKOK
À    Badan organisasi kesehatan PBB yaitu WHO menyebut bahwa di amerika sekitar 346 ribu orang meninggal tiap tahun akibat merokok.
À    WHO juga menyebutkan seandainya 2/3 dari yang di belanjakan dunia untuk membeli rokok di gunakan untuk kepentingan kesehatan, niscaya dapat memenuhi kesehatan asasi manusia di muka bumi.
À    99% dari 660 orang yang terkena penyakit kanker disalah satu rumah sakit shanghai china adalah disebabkan oleh rokok.
À    Persentase kematian yang disebabkan merokok lebih tinggi dibandingkan karena perang dan kecelakan lalu lintas.
À    Mengkonsumsi 20 batang rokok perhari menyebabkan berkurangnya 15% haegmoglobin, yakni zat besi pembuntuk sel darah  merah.
À    Persentase kematian orang yang berusia 46 tahun lebih adalah  25% lebih bagi perokok.
Katanya merokok dapat menenangkan pikiran dan supaya di anggap jantaan. Semua itu bohong, jangan percaya dengan dugaan-dugaan menyesatkan berikut ini.
À    Merokok membantu berfikir untuk memecahkan masalah. Padahal keyataanya merokok dapat mencerai beraikan pikiran, mengurangi konsentrasi berfikir karena rokok menyebabakan penyempitan napas dan keringnya tenggorokan
À    Merokok membantu menengkan urat saraf. Padahal sebaliknya rokok berpengaruh buruk pada urat saraf. Rokok juga menyebabkan kencangnya detak jantung dan itu sangat berbahaya.
À    Merokok dapat memperbanyak teman dan saling menawarkan rokok dan basa-basi di dalamnya. Ternyata itu pun keliru, sebab pada kenyataanmya teman-teman yang di maksud adalah teman buruk.
À    Merokok menghilangkan rasa lelah. Padahal justru menambah kelelahan dan kepayahan kerena terganggunya kerja banyak organ tubuh , seperti urat saraf, alat pernapasan dan alat pencernaan.
À    merokok dapat mengusir kesedihan dan kegaulan. Padahal rokok mendatangkan kesedihan, kegaulan, dan bencana, diantranyakarena ia harus merogoh kantongya.
C. RACUN DALAM ROKOK
Rokok mengandung beribu-ribu bahan kimia berbahaya yang membahayakan kesehatan manusia. Tiga bahan kimia paling berbahaya dalam rokok yaitu tar, nikotin, dan karbon monoksida
TAR
Tar adalah jenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan subtansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Kadar tar pada rokok antara 0,5-35 mg perbatang tar merupakan suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kenker pada jalan nafas dan paru-paru. Tar terkumpul diparu-paru karena asap rokok akan mendingin setelah dihisap dan masuk kedalam paru-paru. Tar akan bercampur dengan bahan-bahan kimia beracun yang lain.
NIKOTIN
Nikotin yang terkandungdi dalam asap rokok antara 0,5-3 mg dan semua di serap, sehingga di di dalam cairan darah atau plasma darah 40-mg/ml.nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. Hasil pembusukan panas dari nokotin seperti dibensakridin, dibensokarbasol, dan nitrosaminlah yang bersifat karsinogenik. Pada paru, nikotin dapat menghambat aktivitas silia. Seperti hanya heroin dan kokain, nikotin juga memiliki karakteristik efek adiktif dan psikoaktif.  Nikotin dikenal sebagai salah satu racun yang paling kuat nikotin membuat seseorang ketagihan tembakau. Tidak adanya tembakau dapat  mengakibatkan gejala-gejala perasaan yang tidak menyenangkan. Gejala-gejala ini dapat terjadi pada seseorang yang mencoba untuk berhenti merokok. Nikotin merangsang pelepasan hormon adrenalin ke dalam darah dan merangsang berkolompoknya trobosit tombosit akan menggumpal dan akhirnya menyumbat darah yang sudah sempit akibat asap yang mengandung CO yang berasal dari rokok. Hormon adrenalin menyebabkan peningkatan detak jantung dan peningkatan tekanan darah. Dalam jangka waktu lama tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah yang berkaitan dengan system peredaran darah. Masalah tersebut misalnya penyakit jantung.
KARBON MONOKSIDA
Gas CO adalah jenis gas yang tidak memiliki bau. Gas CO yang di hasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3-6% gas ini di hisap oleh siapa saja. Karbon monoksida merupakan gas yang lebih mudah terikat dengan hemoglobin di bandingkan dengan oksigen. Hemoglobin terdapat di sel darah merah dan berfungsi untuk mengikat oksigen. Akibatnya, kandungan oksigen di dalam darah menurun sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen bagi tubuh. Dalam jangka waktu lama, kandungan karbon monoksida yang tinggi dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Pengerasan ini terutama pada pembuluh darah yang membawa oksigen ke otot jantung.
Ada pun bahan berbahaya yang lain seperti di bawah ini:
ACROLEIN
Zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengmbil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alcohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan. Artinya acrolein ini adalah alcohol yang cairannya telah diambil.
AMMONIA
Gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hydrogen memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel- sel tubuh dan kalau di suntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau kematian. Maka air kencing adalah bentuk dari zat ammonia yang di sekresikan dan di buang dari darah tubuh kita, karena memang tidak boleh bercampur dengan darah. Ammonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini di dapati berupa gas dan berbau tajam. Walaupun ammonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi bumi, ammonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan. Administrasi keselamatan dan kesehatan pekerjaan AS memberi batas 15 menit bagi kontak dengan ammonia dalam gas berkonsentrasi 35 ppm volum, atau 8 jam untuk 25 ppm volum, kontak dengan gas ammonia berkonsentrasi tinggi dapat menyebabakan kerusakan paru-paru dan bahkan kematian. Sekali pun ammonia di AS diatur sebagai gas tak mudah terbakar, ammonia masih di golongkan sebagai bahan beracun jika terhirup, dan pengangkutan ammonia berjumlah lebih besar dari 3.500 galon (13,248 L) harus disertai surat izin ammonia yang digunakan secara komersial dinamakan ammonia anhidrat. Isttilah ini menunjukkan tidak adanya air pada bahan tersebut karena ammonia mendidih di suhu -33oC, cairan ammonia harus di simpan dalam tekanan tinggi atau temperature amat rendah. Walaupun begitu, kalor penguapannya amat tinggi sehingga dapat ditangani dengan tabung reaksi biasa di dalam sungkup asap”ammonia rumah”adalah larutan NH3 dalam air. Konsentrasi larutan tersebut di ukur dalam satuan baume. Produk larutan komersial ammonia berkontraksi tinggi biasanya memiliki konsentrasi 26 derajat baume.
FORMIC ACID
Cairan tidak berwarn, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Zat ini dapat menyebabakan seseorang seperti merasa digigit semut.
 HYDROGEN CYANIDE
Gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung kedalam tubuh akan berakibat kematian .

NITROUS OXIDE
Gas tidak berwarna dan jika dihisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
METHANOL
Cairan ringan dan mudah menguap dan terbakar. Jika dihisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.
METHYL CHLORIDE
Merupakan campuran zat-zat bervalensi satu atas nama hydrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
FORMALDEHYDE
Gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama. Gas ini sangat beracun keras terhadap semua organisme hidup.
PHENOL
Zat ini terdiri dari campuran Kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organic misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat di protein dan menghalangi kerja enzim.
ACETOL
Zat ini adalah hasil dari pemanasan aldeyde dan menguap dengan alkhohol (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak ).
HYDROGEN SULFIDE
Gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi aksodasi enzim (zet besi berisi pigmen)
PYRIDINE
Cairan yang tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
CADMIUM
Cadmium merupakan salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Cadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya hati dan ginjal. Secara prinsipil konsentrasi rendah  berefek pada ganguan paru-paru, emphysema dan renal turbulardisease yang kronis. Jumlah normal cadmium di tanah berada di bawah ppm, tetapi angka tertinggi (1.700 ppm) di jumpai pada sample tanah yang di ambil didekat pertambangan biji seng (zn). Cadmium lebih mudah di akumulasi oleh tanaman di banding dengan ion logam berat lainnya seperti timbal. Logam berat ini bergabung bersama timbale dan merkuri sebagai the big threeheavy metal yang memiliki tingkat bahaya tertinggi pada kesehatan manusia menurut badan dunia WHO konsumsi perminggu yang di toleransikan bagi manusia adalah 400-500mg perorang atau 7 mg per kg berat badan. Cadmium juga bisa di temukan di baterai dan aki, ngerokok sama kayak sama dengan ngisep baterai kali ya????
  HIDROGEN SIANIDA(HCN)
Hydrogen sianida merupakan sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa. Zat ini merupakan zat yang paling ringan, mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan. Sianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja sianida di masukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian. 

BENZENE
Zat ini di kenal sebagai bensol merupakan senyawa kimia organic yang mudah terbakar dan cairan tidak berwarna.
 ASITELENA
Bahan bakar yang di gunakan dalam obor las (asitelena) merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
 ARSENIK
Adalah zat yang terdapat pada racun tikus.
ASAM FORMAT
Asam format secara alami terdapat pada antara lain sengat lebah dan semut. Asam format juga merupakan senyawa intermediate (senyawa antara) yang penting dalam banyak sintesis kimia. Rumus kimia asam format dituliskan sebagai HCOOH atau CH2O2.
      Di alam, asam format ditemukan pada sengatan dan gigitan banyak serangga dari ordo hymenopera, misal lebah semut. Asam format juga merupakan hasil pembakaran yang signifikan dari bahan bakar alternative, yaitu pembakaran methanol (dan etanol yang tercampur air), jika dicampurkan dengan bensin. Nama asam format berasal dari kata latin formica yang berarti semut. Pada awalnya, senyawa ini diisolasi semut senyawa kimia turunan asam format misalnya kolompok garam dan ester, dinamakan format atau metanoat. Ion format memiliki rumus kimia HCOO



D. PENYAKIT AKIBAT MEROKOK
Penyakit yang di akibatkan oleh merokok berhubungan paru-paru dan jantung. Penyakit paru-paru akibat merokok yaitu bronchitis, emfisema, kanker paru-paru, dan penyakit jantung. Wanita hamil yang merokok juga membahayakan bayi yang di kandungnya.
BRONCHITIS
Tar yang terdapat dalam asap tembakau menyebabkan dua reaksi dalam paru-paru. Reaksi tersebut yaitu terbentuknya lendir  yang lebih banyak dan kerusakan sel-sel epithelium bersilia (rambut getar) di dalam saluran pernapasan. Kedua, reaksi ini menyebabkan terkumpulnya lendir di dalam bronkus. Bakteri dan virus akan berkumpul dan berkembang biak di dalam lendir. Akibatnya, terjadilah penyakit yang di sebut bronchits atau “ batuk perokok. ”
EMFISEMA
Penyakit ini dapat berkembang dari penyakit bronkitis pada perokok. Bahan beracun dalam tembakau merangsang di hasilkannya enzim pencerna protein oleh sel-sel tertentu. Enzim ini merusak kelenturan dinding alveoli. Hilangnya kelenturan paru-paru menyebabkan pertukaran udara di dalam paru-paru terhambat. Penderita emfisema harus perjuang hanya untuk pernapas. Sangat tergantung pada respirator untuk membantu pernapasannya.
KANKER MULUT
Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.



OSTEOPOROSIS
Karbonmonoksida dalam asap rokok dapat mengurangi daya akut oksigen darah perokok sebesar15% mengakibatkan kerapuhan tulang sehingga lebih mudah patah dan membutuhkan 80% lebih lama untuk penyembuhan. Perokok juga lebih mudah menderita sakit tulang belakang.
KATARAK
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada mata. Perokok mempunyai resiko 50% lebih tinggi terkena katarak, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
PSORIASIS
Perokok 2-3 kali lebih sering terkena psoriasis yaitu prosesinflammasi kulit tidak menular yang terasa gatal, dan meningalkan guratan merah pada seluruh tubuh.
KERONTOKAN RAMBUT
Merokok menurunkan system kekebalan, tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti lupus erimatosus yang menyebabkan kerontokan rambut, ulserasi pada rambut, kemerahan pada wajah, kulit kepala dan tangan.
 IMPOTENSI
Merokok dapat menyebabakan penuruna seksual kerena aliran darah ke penis berkurang sehingga tidak terjadi ereksi.
JANTUNG KORONER
Merokok terbukti merupakan factor resiko terbesar untuk mati mendadak. Resiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok di bandingkan dengan bukan perokok.

PENYAKIT JANTUNG
Laki-laki perokok memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung dari pada wanita. Nikotin dan karbon monoksida merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung, dan dapat mengakibatkan kematian.
      Nikotin menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, meningkatkan tekanan darah, dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, jumlah darah yang mengalir ke jaringan tubuh berkurang. Jantung harus memopa darah lebih kuat untuk mendorong mengalirnya darah melalui system peredaran darah.
      Karbon monoksida menurunkan kandungan oksigen dalam darah. Hal ini terjadi karena hemoglobin dalam darah lebih mudah mengikat karbon monoksida dari pada oksigen. Akibatnya, suplai oksigen ke organ termasuk jantung berkurang. Perokok lebih mudah lelah daripada bukan perokok.
KANKER PARU-PARU
Suatu subtansi dalam rokok yang memacu terjadinya kanker adalah bezopiren, tar, dan resin. Benzopiren menyebabkan terbentuknya sel-sel kanker di paru-paru. Tar resin mengandung suatu zat yang membantu sel-sel kanker tumbuh lebih cepat.
      Penderita kanker paru-paru memiliki napas pendek, batuk lendir serta darah. Mereka juga kehilangan kekuatan dan berat badan. Rentan mengalami kenker kerongkongan, laring, mulut,dan pancreas.



KEHAMILAN DAN MEROKOK
      Salah seorang yang tidak bersalah namun terkena dampak merokok adalah bayi dalam kandungan wanita perokok. Bayi merupakan perokok pasif. Karbon monoksida yang terikat dengan hemoglobin darah akan mengurangi persediaan oksigen bagi bayi. Nikotin dalam rokok meningkatkan detak jantung dan tekanan darah bayi. Wanita perokok memiliki resiko lebih besar menglami keguguran di bandingkan wanita bukan perokok . bayi yang di lahirkan oleh wanita perokok mengalami kekurangan berat badan.
Menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit:
ANGINA
Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.
ASMA
Mengalami kesulitan bernapas.
ALERGI
Iritasi akibat asap rokok.
E. PENCEGAHAN BAHAYA ASAP ROKOK
Mengingat bahaya dari asap rokok maka untuk melindungi orang –orang dari para perokok, perlu ada aturan-aturan tentang boleh tidaknya seseorang merokok. Misalnya, mengharuskan ditempat-tempat umum mall, supermarket, bioskop, dan tempat-tempat umum lainnya disediakan tempat khusus bagi para perokok. Di bus-bus umum,kereta api, pesawat, atau kendaraan umum lainnya perlu diberlakukan larangan merokok.

E. CARA BERHENTI MEROKOK
Tahap pertama, yang terpenting adalah niat besar serta sungguh-sungguh ingin berhenti merokok. Tanpa niat yang besar mustahil seseorang bisa berhenti merokok. Banyak mengaku diri  perokok berat dan mengakui bahwa tekad mereka sangat untuk berhenti merokok. Namun ketika mereka keluar dan berkumpul kembali dengan teman-temannya yang merokok, keinginan itu muncul kembali. Inilah kenapa niat dan tekad itu yang paling penting ketika anda ingin benar- benar berhenti merokok.
      Langkah berikutnya, temukan cara berhenti merokok yang mudah menurut anda. Karena setiap individu pasti memiliki pemikiran yang berbeda. Kurangi rokok yang anda konsumsi sedikit demi sedikit dan bertahap. Jangan memaksakan diri untuk berhenti merokok semalam, karena keesokan harinya bisa jauh lebih besar. Hal ini dapat membuat anda stress,merasa depresi hingga mudah marah. Namun apabila anda rutin dan disiplin lama kelamaan akan terbiasa.
      Anda informasikan  teman-teman dan keluarga tentang keputusan anda untuk berhenti merokok. Mengapa karena seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok perlu dukungan dari  orang-orang yang ada disekitarnya. Mereka bisa membantu mengawasi dan mengingatkan apabila anda mulai tidak disiplin.
F. TIPS BERHENTI MEROKOK
x       Pilihlah merek rokok yang murah dan kualitasnya pas-pasan.
x       Hentikan kebiaasaan menunggu dan atau diam tanpa aktivitas.
x       Biasakan merokok sambil minum, entah kopi atau teh.
x       Jika ingin sekali merokok tundalah beberapa menit sampai keingin itu hilang.
x       Cobalah membawa permen mint di saku anda.
x       Bergaullah dengan orang-orang yang telah berhasil berhenti merokok.
x       Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
x       Jangan pedulikan provokasi oaring lain.
x       Cobalah introspeksi diri. 

SATU PESAN UNTUK KALIAN HINDARILAH ASAP ROKOK APALAGI MENGISAP ROKOK, JANGAN SEKALI-KALI MELAKUKAN HAL INI APALAGI MENCOBA KARENA AKAN KECANDUAN DAN MENGAKIBATKAN KEMATIAN.



SEKIAN

Tidak ada komentar: